Cara Belajar Piano Otodidak Untuk Pemula

Memahami Tuts Piano

pianotuts

Tuts piano secara kasat mata mudah dibedakan, ada 2 tuts hitam berjejer, lalu 3 tuts hitam, 2 tuts hitam dan seterusnya.  Dibawah 2 tuts hitam paling kiri, ada tuts putih yang bernama tuts “C”.

Setelah tuts “C” ada tuts hitam yang bisa dibaca sebagai “C#” atau “Db”.  C# artinya “C naik 1/2” dan Db artinya “D turun 1/2”.  Keduanya sama saja.  Seperti contoh diatas, ada G# = Ab, A#=Bb dan Gb=F#.

Dalam Ilmu Piano, letak “C”, “C#”, “D” dst tidak pernah berubah.

 

Memahami Letak “Do” Pada Piano

Pada Ilmu Piano Pop, letak “Do” tidak tetap, tetapi berubah menurut nada dasarnya. Istilah ini disebut movable do.  Contohnya, 1=C, 1=C#, 1=D, 1=A, 1=Bb dst.

Perhatikan gambar 1=C dibawah.

pianotuts123

Jika 1=C, maka notasi tangga nada mayornya adalah:  C,D,E,F,G,A,B,C’

Perhatikan jika 1=D, maka gambarnya akan menjadi seperti ini:

pianotuts1d

Notasi 1=D adalah D, E, F#, G, A, B, C#, D

Memahami Mengapa Letak “Do” Bisa Berubah

Di piano pop, baik bermain solo maupun mengiringi, wajar jika Anda mendengar pertanyaan, “Mainnya di Do sama dengan apa?”  karena kebanyakan pianist pop dan penyanyi belajar secara otodidak.

Letak Do bisa berubah, untuk mempermudah mereka yang bermain piano tanpa membaca not balok, dan mengapa letak “Do” bisa berubah, karena mengikuti aturan NADA DASARNYA APA. Jika nada dasarnya D, maka nada “Do” diletakkan di tuts “D”.  Kemudian nada “Re”, “Mi”, Fa” dst mengikuti aturan Interval atau jarak nada, agar suaranya cocok seperti tangga nada mayor yang seharusnya. Nah apa itu aturan Interval?

 

Memahami Aturan Interval

Interval adalah jarak 2 nada. Setiap nada yang bersebelahan, jaraknya pasti 1/2.  Misalnya C ke C#, C# ke D, D ke D# dst.  Contohnya Interval C ke D adalah 1 dan interval D# ke F# adalah 1,5.

Untuk membentuk tangga nada mayor  maka diperlukan 8 nada (1,2,3,4,5,6,7,1′) atau “Do Re Mi Fa Sol La Ti Do” yang tersusun oleh interval 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2.   Artinya, interva dari “1” ke “2” harus 1, interval dari “Re” ke “Mi’ harus 1, interval dari “3” (Mi) ke “4” (Fa) harus 1/2 dst.

Karena aturan harus 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2 itulah, maka tangga nada 1=D akhirnya tersusun menjadi:  D – E – F# – G – A – B – C# – D’.  Yaitu jarak D ke E pasti 1, jarak E ke F# pasti 1, jarak F# ke G pasti 1/2, jarak G ke A pasti 1, jarak A ke B pasti 1, jarak B ke C# pasti 1 dan terakhir jarak C# atau “7” ke D pasti 1/2.

 

Bagaimana Menguasai Aturan Interval dan Tangga Nada Mayor

Untuk menguasainya Anda harus memaksimalkan kerjasama 2 otak Anda:

  1. Otak kiri menghafal dan menganalisa rumusnya 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2.
  2. Otak kanan menghafal bunyinya, sehingga tanpa rumus pun, Anda tetap bisa merasakan titian nadanya.

WHAT NEXT?

Setelah Anda memahami materi diaatas, Anda harus praktek memainkannya.  Pengetahuan harus segera dilatih, tidak cukup hanya ‘tahu’ tetapi harus ‘bisa’.

 

Selamat belajar!

Coach Ron

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *